Friday, June 19, 2015

Cara Reset Keyword Paling Jitu


Cara Riset Keyword Paling Jitu

Memilih kata kunci atau keyword yang tepat untuk blog merupakan hal yang sangat penting. Jika sobat memilih keyword yang salah maka jangan heran jika blog sobat sepi pengunjung bagaikan kuburan.
Kalau blognya sudah sepi pengunjung nanti ujung-ujungnya jadi males ngeblog. Kalo sudah males ngeblog kemungkinan besar bakalan berhenti ngeblog.
Tapi mudah-mudahan dengan membaca postingan ini sobat nggak akan berhenti ngeblog sampai bisa mendapatkan pengunjung yang banyak.

Riset keyword itu sejenis apaan sih, Mas?

Riset keyword atau lebih tepatnya riset kata kunci merupakan salah satu bagian dalam strategiSEO atau pengoptimalan mesin pencari.
Bagi sobat yang ingin mendapatkan pengunjung dari mesin pencari maka tidak ada alasan untuk tidak melakukan riset keyword. Sobat tetap bisa mendapatkan pengujung dari mesin pencari tanpa riset keyword, tapi tidak akan maksimal.
Riset keyword pada intinya adalah mencari kata kunci yang sering diketikan oleh orang di mesin pencari sesuai dengan topik blog sobat.
Misalnya jika blog sobat membahas tentang sepakbola, maka kira-kira kata kunci apa yang sering digunakan orang untuk mencari informasi seputar sepakbola di mesin pencari.
Apakah “Jadwal Liga Inggris” atau “Klasemen Liga Inggris” atau “Goal terbaik sepanjang masa” atau yang lain-lainnya.

Mengenal jenis-jenis keyword

Sebelum sobat membaca postingan ini lebih lanjut, ada baiknya untuk lebih dulu memahami beberapa jenis-jenis keyword karena dalam dunia per-SEO-an, keyword memiliki banyak sekali jenis.
Beberapa jenis-jenis keyword tersebut adalah:
  1. Short tail keyword
  2. Long tail keyword
  3. Keyword abadi
  4. Keyword musiman
Selain keempat jenis keyword di atas sebenernya masih banyak sekali yang lain. Tapi yang paling penting untuk diketahui adalah keempat jenis di atas.
Berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya:
1. Short tail keyword
Short tail keyword adalah kata kunci yang pada umumnya hanya terdiri dari satu atau dua kata saja. Misalnya :
  • Android
  • Smarphone
  • Android Murah
  • Smartphone Terbaru
  • dll.
Jenis keyword seperti ini biasanya mempunyai tingkat persaingan yang sangat tinggi. Sangat sulit untuk bisa bersaing pada keyword seperti ini kecuali sobat mempunyai ilmu SEO tingkat Dewa.
2. Long tail keyword
Long tail keyword merupakan versi panjang dari short tail keyword. Contohnya seperti ini:
  • Daftar Smarphone Android Paling Keren
  • Smartphone Android Samsung Terbaik
  • dll.
Jika sobat masih pemula maka long tail keyword jelas lebih direkomendasikan karena tingkat persaingan yang cenderung lebih rendah dan memudahkan sobat untuk menguasai posisi teratas mesin pencari.
Kekurangan dari long tail keyword adalah trafik yang didapatkan tidak sebanyak short tail keyword. Selain itu juga cukup sulit untuk menemukan long tail keyword yang benar-benar bagus.
3. Keyword abadi
Keyword abadi adalah sebuah kata kunci yang selalu digunakan orang untuk mencari informasi pada mesin pencari dan tidak akan basi ditelan zaman.
Contohnya kata kunci berikut ini:
“Cara menyembuhkan sakit kepala”
Kata kunci tersebut termasuk kata kunci abadi karena semua orang pasti mengalami yang namanya sakit kepala.
4. Keyword musiman
Keyword musiman adalah kebalikan dari keyword abadi, yaitu keyword yang bersifat musiman atau hanya populer sesaat.
Contohnya kata kunci berikut ini:
“Hasil pertandingan Real Madrid vs Juventus”
Tanpa dijelaskan saya yakin sobat tahulah perbedaan antara keyword abadi dan keyword musiman.

Cara Riset Keyword

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah, gimana caranya melakukan riset keyword?
Nah di bawah ini adalah tutorial lengkap bagaimana cara melakukan riset keyword dengan memanfaatkan dua buah tools gratis bernama Ubersuggest dan juga Google Adwords: Keyword Planner.
Sebenarnya bisa saja hanya menggunakan Google AdWords: Keyword Planner, namun keyword yang dihasilkan kurang bervariasi. Oleh karena itu kita memerlukan bantuan dari Ubersuggest.
Fungsi dari Ubersuggest di sini adalah untuk menemukan keyword variasi dari keyword utama yang kita target. Tujuannya tentu saja untuk menemukan long tail keyword.
Selain Ubbersuggest masih ada beberapa tools lain yang serupa yang tidak kalah bagus, seperti:
  • http://keywordshitter.com
  • http://keywordtool.io
  • dll.
Tapi untuk tutorial kali ini saya hanya akan menggunakan Ubbersuggest saja.
Sedangkan tugas dari Google Adwords: Keyword Planner sendiri udah pasti untuk menganalisis jumlah pencarian dan juga tingkat persaingan pengiklan AdWords (cocok untuk yang ingin menghasilkan uang dari Google AdSense).
Bagaimana prosesnya? silakan disimak di bawah ini :

Langkah Pertama: Mencari short tail keyword

Hal pertama yang perlu sobat lakukan adalah mencari short tail keyword yang berhubungan dengan topik blog sobat.
Misalnya jika blog sobat membahas Teknologi, maka keywordnya bisa seperti:
  • Komputer
  • Software
  • Internet
  • Gadget
  • dll.
Fungsi dari short tail keyword ini adalah untuk dijadikan sebagai benih untuk menemukan keyword-keyword yang lain.
Caranya sobat bisa memanfaatkan tool http://ubersuggest.org.

0 comments:

Post a Comment