Wednesday, June 17, 2015

Hal Yang Harus Diperhatikan Seorang Blogger



Cara Memilih Topik Blog
Sebagai seorang blogger yang memulai belajar ngeblog dari nol, kebingungan dan kesalahan dalam memilih topik blog sudah pernah saya lalui semua. Nah, dari pengalaman tersebut kali ini saya ingin sedikit berbagi tips bagaimana cara terbaik memilih topik untuk blog sobat.

Kesalahan yang sering dilakukan dalam memilih topik blog

Sebelum sobat membaca tips bagaimana cara terbaik memilik topik untuk blog sobat, alangkah baiknya sobat membaca terlebih dahulu kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula dalam memilih topik blog di bawah ini:
  • Memilih topik yang populer tapi sama sekali tidak tahu apa-apa tentang topik tersebut
  • Meniru topik blog milik orang lain lain karena melihat mereka sukses
  • Memilih topik yang tidak jelas atau gado-gado
  • Memilih topik yang tidak memiliki banyak pembaca
Di atas adalah beberapa kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula termasuk saya dulu. Alangkah lebih baik jika sobat tidak mengulangi kesalahan-kesalahan tersebut.

Cara memilih topik blog

Nah sekarang adalah saatnya tentang bagaimana caranya menentukan sebuah topik yang tepat untuk blog sobat.
Caranya sederhana. Sobat cukup jawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
  • Hobi apa yang benar-benar sobat minati?
  • Pekerjaan apa yang sudah pernah sobat miliki dan benar-benar menikmatinya?
  • Pengalaman apa saja yang sudah sobat miliki?
  • Keahlian apa yang sudah sobat kuasai?
  • Keahlian apa yang sobat belum kuasai tapi ingin mempelajarinya?
  • Pernahkan sobat memikirkan ingin membangun sebuah bisnis? bisnis apakah itu?
  • Pertanyaan apa yang sering sobat dapatkan dari teman-teman terdekat karena mereka tahu sobat ahlinya?
Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut saya yakin sobat sudah bisa menemukan gambaran topik apa yang bisa sobat bahas untuk blog sobat.
Setelah sobat menemukan gambaran topik apa saja yang bisa sobat bahas, setelah tinggal sobat tulis saja daftar topik tersebut dan pilih salah satu yang paling sobat minati.

Memilih topik yang cocok untuk dimonetisasi

Jika sobat ngeblog karena ingin mendapatkan uang, maka memilih topik dengan hanya menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas tidaklah cukup. Kenapa? karena tidak semua topik bagus untuk dimonetisasi.Semua topik sebenernya bisa dimonetisasi namun tidak semuanya bisa dimonetisasi dengan cara yang sama. Ada yang cocok untuk dimonetisasi dengan AdSense, ada yang lebih cocok dimonetisasi dengan afiliasi, ada yang hanya cocok untuk jualan produk, dan lain sebagainya.
Jujur untuk masalah ini memang sedikit membingungkan bagi pemula. Cara terbaik menurut saya adalah cukup pilih topik yang benar-benar sobat minati. Setelah itu saya yakin nantinya sobat akan menemukan sendiri cara terbaik untuk memonetisasi blog sobat.

Memilih topik yang memiliki peminat

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula adalah memilih topik yang sedikit atau bahkan tidak ada peminatnya. Jika sobat memilih topik yang seperti ini maka ujung-ujungnya hanya akan menghasilkan kekecewaan karena blog sobat akan sepi pengujung.Lakukan riset sebelum menentukan keyword yang akan sobat pilih. Gunakan tool seperti Google AdWords Keyword Planner atau Google Trends untuk menganalisis apakah topik yang sobat pilih memiliki banyak peminat atau tidak.

Saya bingung, bagaimana kalau membahas banyak topik saja?

Jika sobat benar-benar tidak bisa menemukan topik yang pas, maka membahas banyak topik adalah menjadi pilihan terakhir. Secara pribadi saya kurang begitu suka dengan blog model seperti ini karena beberapa alasan.Untuk ulasan lebih lengkap silakan dibaca di sini => Pilih mana, membahas satu topik atau banyak topik?

Kesimpulan

Memilih topik bisa dibilang hal yang gampang-gampang sulit. Gampang bagi yang sudah berpengalaman, sulit bagi yang baru belajar ngeblog.

0 comments:

Post a Comment