Thursday, June 18, 2015

Dampak Internet Bagi Pelajar

Image result for internet  Internet (Interconnected Networks) adalah jaringan komputer yang menghubungkan komputer satu dengan lainnya di seluruh dunia di mana terdapat banyak informasi didalamnya. Internet memberikan banyak dampak positif dengan informasi-informasi didalamnya, tetapi di pihak lain internet juga menimbulkan dampak negatif karena informasi yang terdapat di dalam internet sulit untuk dibatasi, berbagai macam informasi dalam berbagai bentuk dan tujuan bercampur menjadi satu dimana untuk mengaksesnya hanya perlu memasukkan beberapa kata kunci.

  Dalam penggunaan internet, para remajalah yang menduduki peringkat pertama. Internet sudah menjadi bagian dari gaya hidup mereka. Hampir setiap aktivitas remaja dipengaruhi internet, mulai dari penggunaan jejaring sosial, hingga pendidikan mereka. Internet ini memberikan banyak manfaat bagi mereka, yaitu sebagai berikut.

1.   Sebagai media yang membantunya mencari informasi-informasi yang dapat dijadikan referensi untuk tugas-tugas sekolahnya.

2.   Sebagai sumber pengetahuan alternatif.
Berbagai ilmu pengetahuan mulai dari umum sampai ilmu pengetahuan untuk pendidikan formal terdapat di internet.

3.   Sebagai sarana hiburan ringan mulai dari film, game, musik dan lain-lain. Untuk sekedar melepas jenuh dari tugas, pelajaran di sekolah.

4.   Mencari teman baru atau sekedar berkomunikasi dengan teman jejaring sosial,seperti facebook, twitter, blog, dan lain-lain.

5.   Mencari informasi tentang hal-hal baru atau yang sedang digemari para remaja seperti, K-POP, suffle dance, basket dan lain-lain.
      Hal ini dapat membuat remaja dapat menyalurkan bakat mereka di bidang non-akademis.

    Dengan banyaknya keuntungan yang didapatkan para remaja melalui internet, maka banyak juga hal negatif yang muncul. Hal negatif yang ditimbulkan internet, antara lain sebagai berikut.
1.   Kejahatan penculikan remaja melalui jejaring sosial di dunia maya(internet).
2.   Penipuan dalam jual-beli.
3.   Membuat remaja menjadi malas, karena waktu untuk bekerja membantu orang tua atau belajar tersita untuk berinternet, sehingga tugas-tugas sekolah terlantar.
4.   Pikiran remaja teracuni oleh sesuatu yang dapat merusak moral seperti film, gambar, foto dan lain-lain, yang bersifat pornografi.
5.    Sosialisasi remaja dalam masyarakat berkurang.

Kesimpulan:
    Solusi untuk mengatasi dampak negatif internet adalah peranan orang tua. Peran orang tua sangatlah penting dalam meminimalisir dampak merugikan dari internet. Orang tua diharapkan berperan dalam mengawasi dan mengingatkan para remaja agar tidak melalaikan tugas utama mereka, yaitu belajar.




























0 comments:

Post a Comment